Jumat, 10 Juni 2011

JANTUNG

Jantung merupakan organ ciptaan Allah SWT yang sangat menakjubkan. Jantung berfungsi memompa darah yang membawa sari makanan atau nutrisi untuk seluruh sel, jaringan, organ tubuh, dan juga kerangka tubuh manusia yang panjang lebih dari 150 km. Ukuran jantung manusia kurang lebih sebesar kepalan tangan laki-laki dewasa. Panjangnya kira-kira 12 cm, lebar 8-9 cm serta tebal kira-kira 6 cm. Berat jantung sekitar 7-15 ons atau 200-425 gr. 

Jantung adalah satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan rongga thoracic di balik tulang dada/sternum. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke kiri. Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium, yang tertempel pada diafragma. Lapisan pertama sangat erat dengan jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar dan berair untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung. Dua garis pembelah (terbentuk dari otot) pada lapisan luar jantung menunjukkan dimana dinding pemisah sebelah kiri dan kanan serambi (atrium) dan bilik (vertikel).

Fungsi jantung mulai berjalan senjak bulan kedua usia janin dalam perut ibunya dan terus bekerja selama ia hidup. Empat proses pembentukan jantung  dalam embriogenesis, yaitu :
  1. Tubing, merupakan bakal jantung yang masih berwujud tabung sederhana. Pada proses ini jantung mengalirkan darah dari plasenta.
  2. Loping, suatu peristiwa kompleks berupa perputaran bagian-bagian bakal jantung dan arteri besar (aorta dan arteri pulmonalis).
  3. Septasi, pemisahan bagian-bagian bakal jantung serta arteri besar dengan pembentukan berbagai ruang jantung.
  4. Migrasi, pergeseran bagian-bagian jantung sebelum mencapai bentuk akhir 
Kendati keempat tahapan tersebut adalah proses terpisah, namun merupakan rangkaian proses yang saling tumpah tindih pada trimester pertama kehamilan. Dan memasuki usia empat bulan, barulah jantung bisa berfungsi. Itulah mengapa ada yang mengatakan, pada usia empat bulan janin sudah diberi roh.
Jantung bekerja tanpa pengawasan, arahan, dan tanpa istirahat dalam tubuh kita. Jantung adalah dasar kehidupan manusia, ia dasar segala aktifitas dan kondisi, karena dari jantunglah timbul kekuatan dan gerakan. Fungsi dasar jantung adalah memompa darah merah yang kaya oksigen dan kaya nutrisi ke seluruh tubuh. Ketika oksigen telah diserap oleh jaringan, pembuluh vena membawa balik darah yang berwarna biru dan mengandung sedikit sekali oksigen ke jantung kembali. Jantung bekerja tanpa lelah, dimana kemampuannya dapat meningkat tinggi dalam sekejap. Jantung menyempit dan melebar 8x per menit. Pada saat terkejut, detaknya mencapai 180 kali. Jantung memompa darah sebanyak 8.000 liter sehari. Sekitar 56 juta galon selama masih hidup. Jika dilihat dari jumlah yang dipompa, maka sungkar dibayangkan ada pompa lain yang bisa melakukan fungsi seperti ini dalam jangka waktu lama dan tanpa berhenti sekalipun.
Jantung berkontraksi dan rileks sebanyak 100.000 kali dalam sehari, dan semua pekerjaan ini memerlukan suplai darah yang baik yang disediakan oleh pembuluh arteri koroner. Pada keadaan normal dan istirahat, jantung orang dewasa akan berdenyut secara teratur antara 60-100 detak/menit. Kecepatan dari denyut jantung ditentukan oleh kecepatan signal listrik yang berasal dari pemacu jantung, SA node. Signal listrik dari SA node mengalir melalui kedua serambi, menyebabkan kedua serambi berkontraksi mengalirkan darah ke kedua bilik. Kemudian signal listrik ini mengalir melalui AV node mencapai kedua bilik. Ini menyebabkan kedua bilik berkontraksi memompa darah keseluruh tubuh dan menghasilkan denyutan (pulse). Pengaliran listrik yang teratur dari SA node ke AV node ini menyebabkan kontraksi teratur dari otot jantung yang dikenal dengan sebutan sinus (sinus beat). Waktu istirahat, kecepatan signal listrik dari SA node adalah perlahan, jadi denyut jantung juga perlahan. Waktu olahraga atau waktu sangat kegirangan, kecepatan signal listrik dari SA node menjadi cepat sehingga denyut jantung juga jadi cepat. Jantung merupakan otot paling padat, baik dari bentuk, aktivitas, maupun strukturnya. Jantung merupakan satu-satunya organ tubuh yang tidak terkait dengan sistem syaraf. Ia mengatur detaknya dengan tanda elektrik dari pusat produksi yang menjadi dasar denyutnya. Jantung juga dapat memperoleh makanan sendiri.
Jantung mempunyai dua sisi, dimana setiap sisi bekerja sebagai pompa terpisah. Setiap sisi dibagi lagi menjadi 2 ruangan, jadi keseluruhannya ada 4 ruangan. Dua di atas, atria berfungsi sebagai tempat menampung. Dua di bawah, ventrikal berkontraksi memompa darah. Sisi kanan jantung menerima darah dari seluruh tubuh melalui pembuluh vena dan memompa ke paru untuk mengambil oksigen. Sisi kiri jantung menampung darah yang balik dari paru-paru dan memompa keseluruh jaringan tubuh yang memerlukan oksigen. Klep jantung memiliki rancangan yang mengagumkan. Klep jantung berfungsi sebagai pengatur aliran darah menuju satu arah. keteraturan ini terus terjaga selama proses pemompaan hingga ia tidak beroperasi lagi. Jika jantung berhenti memompa darah dan berhenti mengalirkannya dari tulang ekor, maka tubuh akan menjadikan bangkai kaku ibarat batang kurma kering.
Sabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya di dalam badan terdapat segumpal daging. Jika ia baik, maka baiklah seluruh badan, jika ia rusak, maka rusaklah seluruh badan. Ia adalah jantung." (HR. Bukhori Muslim) 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar