Kamis, 23 Juni 2011

LABU Buah Kaya Manfaat

Obat-obatan alami bagi manusia telah disediakan oleh Allah SWT untuk kita gunakan sebaik-baiknya, misalnya dengan menggunakan berbagai macam tumbuhan yang ada di sekitar kita. Baik dikonsumsi secara tunggal maupun dikomposisikan dengan bahan lainnya. Salah satu hasil bumi yang mudah kita jumpai disekitar kita adalah labu. Ya, buah ini mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.  
Allah berfirman, "Dan Kami tumbuhkan pada dia sebatang pohon dan jenis labu."(Ash-Shaaffat:146). Dalam Al-GhaUniyyat disebutkan hadits dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah menceritakan : Rasulullah pernah mengatakan kepadaku, "Hai, Aisyah! Kalau engkau memasak makanan, perbanyaklah labunya, sesungguhnya labu itu dapat mengobati kesedihan hati."
Labu  bersifat dingin dan lembab, bisa memberikan suntikan gizi ringan, mudah masuk ke dalam perut, meskipun belum rusak sebelum dicema, bisa menimbulkan ampas yang baik. Bagian yang dapat kita gunakan adalah buah dan bijinya. Bila kita meminum segelas air perasan labu pada pagi hari sebelum mengkonsumsi makanan dapat berkhasiat melancarkan pencernaan. Bijinya juga dapat digunakan sebagai kompres pada luka bakar. Khasiat lainnya adalah memberikan serat yang baik serasi dengan vitamin yang dikandungnya. Kalau dimakan dengan biji sawi atau jintan hitam, bisa menimbulkan rasa pedas. Bila dicampur garam, bisa menimbulkan ampas asin. Bila dicampur dengan unsur yang mengikat, bisa melahirkan ampas yang mengikat. Kalau dimasak dengan jenis jambu-jambuan bisa memberikan suntikan gizi yang amat baik terhadap tubuh.
Sifatnya lembut dan berair, bisa memberikan suntikan makanan yang lembab berlendir, baik sekali untuk orang yang kepanasan, namun tidak cocokuntuk mereka yang kedinginan dan orang yang kelebihan dahak. Airnya bisa menghilangkan dahaga dan menghilangkan pusing dan panas bila diminum dan disiramkan ke kepala. Bisa juga melemaskan perut tergantung penggunaannya. Orang yang kepanasan tidak akan mendapatkan obat yang lebih baik dan lebih cepat khasiatnya dari obat ini. 
Diantara khasiatnya adalah bila lumurkan ke tepung lalu dibakar di atas tungku dan dikeluarkan airnya, kemudian diminum dengan dicampur minuman ringan lainnya bisa meredam panas yang menjadi-jadi, menghilangkan dahaga, dan memberikan suntikan gizi yang baik sekali. Kalau diminum dengan buah Quince dalam bentuk selai, bisa mempermudah keluarnya enzim. khasiat yang lainnya ialah jika dimasak dan diminum airnya dengan madu atau campuran atau buah natron, bisa mencairkan dahak dan kelenjar. Kalau ditumbuk lalu dijadikan pembalut di bagian atas kepala, bisa membantu mengatasi radang otak. Bila diperas lalu airnya dicampur dengan air mawar, lalu diteteskan ke telinga berkhasiat mengatasi pembengkakan dalam telinga. Labu itu sendiri berkhasiat mengobati bengkak mata dan encok panas.
Buah ini amat berkhasiat bagi mereka yang memiliki pencemaran panas dan terserang demam. Kalau di dalam lambung bertemu dengan makanan yang tidak baik, bisa segera terkontaminasi sehingga kembali ke asalnya dan menjadi rusak serta menimbulkan ampas yang tidak baik pula. Cara mengatasinya adalah mencampurnya dengan cuka dan yang pahit-pahit.
Kesimpulannya, labu termasuk makanan paling lembut dan paling cepat bereaksi. Diriwayatkan dari Anas bahwa Rasulullah seringkali memakan labu.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar